Sabtu, 10 Agustus 2013

Mesin Roll Plate (Gulung Plat, Bending Roll)

Mesin roll plate atau mesin gulung plat atau bending roll merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan untuk membuat tangki maupun pipa. Karena mesin roll ini bisa mengubah plate menjadi gulungan-gulungan yang berbentuk bundar. Jadi, wadah-wadah seperti tangki yang biasa anda lihat di rumah-rumah anda itu cara pembuatannya dengan menggunakan mesin roll atau kadang disebut dengan bending roll. Bagi yang ingin menekuni bisnis, mungkin alat ini bisa anda gunakan untuk menjalankan bisnis anda, karena bisnis seperti ini masih tergolong langka di Indonesia, tidak seperti bisnis-bisnis lainnya yang banyak sekali pesaingnya. Harganya pun tidak terlalu banyak menguras kantong jika dibandingkan dengan mesin-mesin berat lainnya.

Mesin roll plat dilihat dari segi bentuknya, digolongkan pada tiga macam. Meskipun sebenarnya masih ada jenis-jenis roll plate lainnya, ini hanya garis besarnya saja.
  1. Mesin bending roll tiga roll, dikatakan seperti ini karena rollnya ada tiga dan membentuk segi tiga. 2 berada dibawah yang disusun secara sejajar dan yang lainnya berada di atas yang menjadikan susunannya miripdengan segitiga. Penggeraknya menggunakan dua sumber sekaligus, yakni memakai hydrolic dan motor listric. Alat ini biasanya digunakan buat  menggulung plate-plate yang tebal bahkan beberapa mesin roll lain yang memakai 3 roll ini kadang digunakan untuk menggulung plate membentuk kerucut atau dikenal dengan istilah cone bending, fungsi bentuk kerucut gak mesti dimiliki mesin bending tiga roll, soalnya kapasitas atau kekuatannya harus 2 kali lipat besarnya untuk membentuk sebuah plate kerucut. Jika hanya membentuk tangki atau pipa biasa kapasitasnya lebih rendah.
    mesin roll
  2. Mesin bending roll empat roll, Tidak seperti jenis sebelumnya, mesin 4 roll ini lebih gampang dalam melakukan penggulungan plat. Soalnya dapat dipasang pada sisi maupun sejajar dg meja. dua roll berada di atas dan bawah yang dua lagi berada di sisi kanan dan kiri. Dengan mesin ini, untuk membuat plat kerucut juga lebih gampang dan bagus. Ketika proses penggulungan, terdapat proses prebending, yakni ketika pucuk plat yang diroll jadi keras sekali yang membuatnya tetap lurus (gak tergulung secara sempurna), biasanya pucuknya dipotong dan dibuang, namun dengan mesin bending empat roll inilah hal demikian dapat diminimalisir dan semuanya bisa tergulung. Kemampuannya yang lebih besar dari pada mesin 3 roll inilah yang bisa melakukan hal seperti ini. Intinya, mesin 4 roll merupakan mesin hasil penyempurnaan dari mesin 3 roll.
    mesin roll
  3. Mesin bending roll asimetris, Di antara semua jenis mesin roll plate, mesin roll asimetris adalah mesin yang paling sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun memakai 3 roll, namun susunannya asimetris, yang dua roll dipakai buat menjepit dan yang lainnya dipakai buat mengarahkan. Karena tergolong sederhana, untuk mengeroll plat pun bisa menggunakan tenaga manusia. Namun tidak jarang tenaganya berasal dari hydrolic ataupun motor listric. Dan tentunya alat ini dipakai hanya untuk menggulung plat yang tipis saja karena memang kekuatan rollnya sangat kecil.
    mesin roll

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mesin dan Harganya DMCA.com