Rabu, 04 September 2013

Mesin Diesel / Daftar Harga Mesin Diesel

Mesin diesel | Jenis mesin pada kendaraan dapat dibedakan menjadi dua yaitu mesin bensin dan mesin diesel Pada dasarnya, mesin bensin maupun mesin diesel merupakan penggerak pada sebuah kendaraan namun, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk menciptakan energi mekanik, kedua mesin ini sama-sama bekerja menggunakan piston dan sama-sama bekerja menggunakan pembakaran yang bersifat internal.

Perbedaan cara kerja dari mesin diesel dan mesin bensin terletak pada proses yang terjadi di dalam mesin silinder. Pada mesin bensin, bahan bakar akan bercampur dengan udara dan dikompresi oleh piston. Bahan bakar yang telah dikompresi ini kemudian akan terbakar dengan bantuan percikan api dari busi. Adanya proses pembakaran membuat piston terdorong karena mendapatkan energi. Proses mesin diesel untuk menghasilkan energi sedikit berbeda dibandingkan mesin bensin. Udara di dalam silinder akan ikut terkompresi seiring naiknya piston di dalam silinder. Tekanan yang semakin besar akan membuat suhu udara di dalam silinder meningkat drastis. Ketika solar disemprotkan melalui nozzle injector ke dalam udara panas yang bertekanan tinggi di dalam silinder maka akan terjadi proses pembakaran. Adanya udara panas dan gas pembakaran membuat solar langsung terbakar dan piston akan turun dari silinder untuk menggerakkan kendaraan.

Busi tidak diperlukan dalam mesin diesel karena saat berada di dalam mesin silinder dengan udara panas dan tekanan tinggi, solar dapat terbakar dengan sendirinya. Inilah yang menjadi perbedaan dari mesin diesel dan mesin bensin yaitu tidak diperlukannya busi pada mesin diesel. Karena tidak memerlukan busi inilah mesin diesel tidak memerlukan perawatan dan penggantian pada bagian pengapian.

mesin dieselMesin bensin memiliki efisiensi panas yang kecil dibandingkan dengan mesin diesel sehingga penggunaan bahan bakar tentu akan semakin boros daripada penggunaan solar pada mesin diesel.
Mesin diesel cenderung lebih awet dan tidak membutuhkan electric igniter. Dengan begitu kesulitannya akan lebih kecil daripada mesin bensin.

Mesin diesel cenderung lebih mudah untuk dioperasikan dan lebih fleksibel dibandingkan mesin bensin karena momen yang terjadi pada mesin diesel tidak akan berubah walaupun pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Karena itulah mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan besar. Mesin diesel memang dirancang kuat untuk menahan kompresi yang tinggi.

Mesin diesel memiliki tekanan pembakaran maksimum yang besar. Besarnya bisa dua kali lipat daripada mesin bensin sehingga suara yang ditimbulkan juga lebih besar daripada mesin bensin. Karena tekanan pembakarannya yang besar, bahan pembuatannya juga harus menggunakan jenis bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dengan struktur yang kuat sehingga untuk membuat mesin diesel dibutuhkan dana yang lebih mahal dibandingkan membuat mesin bensin. Bobot mesin diesel juga lebih berat dibandingkan bobot mesin bensin untuk daya kuda yang sama.

Karena biaya pembuatannya mahal tentu harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan mesin bensin. Perawatan mesin diesel juga lebih rumit dibandingkan mesin bensin karena dibutuhkan sistem injeksi bahan bakar yang lebih presisi daripada injeksi pada mesin bensin. Untuk memutarnya, mesin diesel memerlukan alat pemutar berupa motor starter yang memiliki kapasitas besar karena perbandingan kompresinya lebih tinggi daripada mesin bensin.

Berikut ini beberapa harga mesin diesel yang bisa anda jadikan patokan.

MesinOutputHarga
Kubota - RD 85 DIH-I 8.5/22001.457.000
Huachai Engine Diesel Multi Fungsi R175A(7HP)kw(hp)/rpm: 4.85 (7)/26002.215.000
Yama Engine Diesel Multi Fungsi D178F(7HP)(HP/rpm): 5.393.250.000
Yama Engine Diesel Multi Fungsi D186F(9HP)(HP/rpm): 8.533.750.000
Huachai Engine Diesel Multi Fungsi S1100(15HP)kw (hp): 154.320.000
Huachai Engine Diesel Multi Fungsi S1115 (24HP)kw(hp)/rpm: 16.17 (22)/22004.770.000
Kubota - RD65Hpk / rpm: 6.5/220C 9.528.000
Kubota - RD 110 DIH-2 11 / 2.40013.809.000
HONDA EU30i Silent Series3.0 KVA / 3000 Watts22.250.000
Kubota - RD 140 DIH-2 14/2.400 21.497.000

Itulah beberapa perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin, serta daftar harga mesin diesel. Semoga bermanfaat bagi anda yang memang sedang bingung apakah ingin memilih mesin diesel atau mesin bensin. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mesin dan Harganya DMCA.com